Fakta Sains, 3 Letusan Gunung Berapi Terbesar Di Dunia Dua Diantaranya Ada di Indonesia

Bumi terbentuk menjadi seperti sekarang ini dengan melalui berbagai proses yang sangat panjang. Ada banyak beragam kejadian ilmiah yang bisa kita telusuri dari berbagai artikel sains tentang bagaiamana proses bumi ini terbentuk. Yang pasti jika kamu pernah membacanya, kamu pasti akan terkejut dan penasaran mengetahuinya lebih lanjut. Salah satu yang paling menarik adalah terjadinya letusan gunung berapi.

Bumi dipenuhi dengan banyaknya gunung, beberapa sudah tak aktif dan masih banyak yang aktif atau biasanya disebut sebagai gunung berapi. Terdapat beberapa gunung berapi dengan letusannya yang luar biasa, beberapa juga terdapat di Indonesia, salah satu contohnya adalah letusan Gunung Kelud.

Gunung Kelud pertama kali memntahkan isi perutnya pada tahun 2014 yang lalu, namun, letusan Gunung Kelud sudah termasuk dalam letusan gunung terhebat di dunia. Tak hanya Gunung Kelud yang memiliki letusan hebat di dunia, tiga gunung di bawah ini juga termasuk ke dalam gunung dengan letusan terhebat di dunia.

  1. Gunung Toba (Indonesia)

Gunung Toba merupakan gunung yang terletak di Toba, Ronggur Nihuta, Kab.Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Gunung Toba menjadi gunung berapi dengan letusan terdahsyat yaitu mencapai level Supervolcanic pada level delapan. Letusan Gunung Toba telah menjadi letusan gunung berapi terbesar dalam 25 juta tahun terakhir. Mungkin kalian berpikir bahwa Gunung Toba adalah Danau Toba, kalau begitu anda tak salah. Karena letusan Gunung Toba telah terjadi sekitaR 74.000 tahun silam. Letusan ini menjadi letusan terakhir dari tiga letusan pembentukan kaldera yang terjadi di gunung berapi. Letusan terakhir ini tercatat memiliki Explosivity Index yang diperkirakan tertinggi, sehingga letusan ini disebut sebagai “Mega-Kolosal”.

  1. Creek Lava Mountain (Amerika Serikat)

Gunung kedua yang masuk dalam gunung berapi dengan letusan terbesar adalah Creek Lava Mountain yang terletak di Wyoming, Amerika Serikat. Gunung ini meletus pada 640.000 tahun yang lalu. Dalam letusannya itu, gunung ini memuntahkan batu dan debu sejauh 240 kilometer ke langit. Letusan ini disebut sebagai supervolcane Yellowstone.

  1. Gunung Tambora (Indonesia)

Gunung Tambora menjadi gunung ketiga yang memiliki letusan terbesar di dunia. Gunung ini terletak di Kawinda Toi, Tambora, Bima, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.850 atau sekitar 9.350 kaki. Letusan Gunung Tambora terjadi pada tahun 1815.

Dalam beberapa catatan sains, Gunung Tambora menempati peringkat teratas sebagai gunung dengan letusan terbesar sepanjang sejarah, suara letusannya sampai terdengar hingga Pulau Sumatera. Akibat letusan Gunung Tambora ini, akhirnya pada tahun 1816 tercatat sebagai tahun tanpa musim panas bagi Eropa dan Amerika Utara karena terdapat debu dan partikel vulkanik yang terlempar ke atmosfer dan menghalangi cahaya matahari.

Letusan Gunung Tambora ini juga mempengaruhi temperatur global, di mana saat itu temperatur global menurun hingga sekitar tiga derajat celcius, menghancurkan hasil panen, dan terjadi kelaparan besar di berbagai Negara. Dampak letusan Gunung Tambora juga telah menyebabkan penyakit tipus dan disentri yang dipercaya telah merenggut korban jiwa sebanyak 200 ribu orang di Eropa pada periode 1816-1819.

Nah itulah beberapa letusan gunung berapi yang memperngaruhi proses terbentuknya bumi. Sungguh membuat kita semua tercengang, ternyata gunung terbesar yang pernah meletus di dunia ini adalah yang berada di Indonesia. Tentu saja ada banyak catatan dalam artikel sains yang mengulas itu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *